Cara Pencegahan Diabetes

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah ini memang benar adanya. Karena yang kita ketahui adalah kesehatan tidak dapat dibeli. Orang akan menyesal karena tidak berolahraga atau menerapkan pola hidup sehat ketika mereka sedang merasakan sakit. Ketika sehat, dengan rasa tenangnya bermalas-malasan tanpa melakukan aktivitas yang sering, selalu beralasan ketika akan berolahraga, dan memenuhi hawa nafsu untuk memakan makanan yang disukainya. Jika makanan kesukaannya adalah sayur dan buah segar mungkin tidak menjadi masalah, bagaimana jika hobinya adalah mengonsumsi makanan yang manis?

Mengonsumsi makanan manis bukanlah sesuatu yang dilarang, hanya saja kita perlu membatasinya. Karena menurut data dari WHO atau World Health Organization bahwa setidaknya kita bisa mengonsumsi 5 persen gula dari keseluruhan kalori yang kita konsumsi satu hari itu. Jika mengonsumsi makanan manis dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus, bisa jadi kamu akan mengalami diabetes atau komplikasi lainnya. Dan untuk mencegah terjadinya diabetes, maka kamu peelu melakukan pencegahan diabetes.

Menurut Hello Sehat, diabetes merupakan kondisi metabolik di mana tubuh tidak bisa mengatur gula darah. Gula yang masuk ke dalam peredaran darah ini sebenarnya memiliki fungsi lain yaitu sebagai sumber energi manusia. Namun, gula yang masuk ke dalam tubuh tidak serta merta dapat digunakan secara langsung, melainkan harus dipertemukan terlebih dahulu oleh insulin. Baru kemudian insulin ini memberikan sinyal kepada sel untuk menyerap gula. Sehingga nantinya gula dapat digunakan sebagai sumber energi.

Insulin adalah hormon yang mengubah glukosa agar bisa menjadi energi bagi tubuh. Insulin diproduksi oleh pankreas, jika pankreas mengalami penurunan fungsi, maka gula darah manusia menjadi tidak stabil. Diabetes sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis seperti diabetes tipe 1 dan 2 yang paling umum, disusul dengan diabetes gestasional yang terjadi pada masa kehamilan, diabetes tipe 3, diabetes LADA, dan masih banyak lagi.

Bagi mereka yang hidup sebagai penderita diabetes, mereka membutuhkan suntik insulin untuk mencegah kadar gula darah meningkat di tubuh. Nah, kalau sudah begini, repot juga ya jadinya? Seperti hidup digantungkan dengan proses suntik insulin ini. Maka dari itu, yuk kita pelajari sama-sama bagaimana cara pencegahan diabetes itu.

  1. Mengonsumsi makanan yang tepat

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan pondasi untuk hidup sehat, dan merupakan pencegahan diabetes. Hal ini berlaku tidak hanya bagi penderita diabetes namun kita semua yang dalam keadaan sehat pun tetap harus menerapkan pola makan yang baik. Maka dari itu, para ahli gizi sudah membantu kita untuk menentukan status gizi masing-masing. Salah satu caranya yaitu dengan Body Mass Indeks, dengan perhitungan ini kamu bisa mengetahui status gizimu.

Cara Pencegahan Diabetes

Sumber gambar: unsplash.com

  • Manajemen stres

Stres merupakan respon tubuh yang menunjukkan bahwa kebutuhan tubuh yang terganggu, dan setiap orang wajar mengalami yang namanya stres. Manajemen stres sangat diperlukan untuk melatih diri seseorang dalam menghadapi masalahnya. Daripada memikirkan betapa malangnya nasibmu tertimpa masalah, lebih baik menerapkan manajemen stres ini untuk mempermudah diri kamu menemukan solusi yang tepat. Karena stres yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan kadar gula darah meningkat.

  • Rutin mengecek gula darah

Mengecek gula darah yang rutin yaitu minimal 1 bulan sekali sehingga kita bisa mengendalikan gula darah lebih baik lagi. Tidak hanya mengecek gula darah, sebaiknya kamu pun memang merutinkan untuk melakukan medical check up lainnya sebagai langkah mendapatkan diagnosa dini atas keluhan-keluhan yang mungkin kamu rasakan akhir-akhir ini.

  • Berolahraga

Latihan sebaiknya dilakukan secara teratur yaitu sekitar 3 hingga 4 kali dalam seminggu, lebih bagus lagi jika kamu berkesempatan untuk olahraga setiap hari. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit untuk berolahraga, jika kamu terlalu sibuk untuk melakukan olahraga, kamu bisa melakuk an jalan ringan atau olahraga ringan selama 10 menit hingga 15 menit setiap harinya. Kunci dari berhasilnya pencegahan diabetes adalah rajin bergerak. Ajak dan buatlah tubuhmu aktif bergerak, tidak terlalu lama duduk, dan bermalas-malasan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *